High Pressure Control (HPC)

Beberapa jenis dari pengendali tekanan (pressure control) digunakan sebagai alat pengaman sistem refrigerasi. Sebuah konstruksi tabung (bellows) yang dapat mengembang ataupun menyusut berdasarkan perubahan tekanan dihubungkan pada jalur tekanan tinggi pada sistem refrigerasi. Gambar dibawah menunjukan sebuah HPC yang digunakan untuk memutuskan aliran listrik ke kompressor atau memutus power ke solenoid valve ( pumpdown system) jika terjadi tekanan yang melebihi “setting”.

High Pressure Control

High Pressure Control Operating Range

Terjadinya tekanan tinggi melebihi batas yang diijinkan bisa disebabkan karena kipas kondenser tidak hidup atau aliran air pada “water cooled condenser” dimatikan. Jika hal ini terjadi akan menyebabkan tabung (bellows) mengembang dan jika tekanan terus naik maka bellow akan mendorong tuas (plunger) yang akan menekan saklar yang pada akhirnya akan memutus aliran listrik ke kompresor. Komponen HPC ini akan mencegah terjadinya tekanan berlebih dan juga mencegah kompresor bekerja pada beban dan panas yang melebihi spesifikasinya.

  1. arthok
    April 3, 2011 at 10:45 am

    pak, apa bedanya manual reset dengan auto reset?? Trims sebelumnya pak

    • Hermawan
      April 3, 2011 at 11:13 am

      manual reset: ketika terjadi over pressure dan mencapai batas penyetelan cut-out HPC, contact pada HPC akan memutus, dan jika tekanan turun kemudian mencapai batas Cut-In, contact point tidak akan terhubung sebelum ditekan tombol reset.

      autol reset: ketika terjadi over pressure dan mencapai batas penyetelan cut-out HPC, contact pada HPC akan memutus, dan jika tekanan turun kemudian mencapai batas Cut-In, contact point akan terhubung secara otomatis.

  2. arthok
    April 3, 2011 at 12:33 pm

    trims..

  3. sugeng
    September 17, 2011 at 10:04 am

    pak, saya berpengalaman bekerja di pelayaran dan kebetulan di bagian pendingin dengan nama REEFER CONTAINER atau SUPER FREEZER dengan max dingin -20’C / -60’C dan sekarang saya sudah keluar. kebetulan saya masuk di perusahaan dan sekarang saya di tempatkan di pendingin kapal atau mungkin di sebut juga dengan Fresh Cold atao A/C kapal. saya pengen tahu lebih banyak, mohon saran dari anda. Thanks

    • Hermawan
      September 17, 2011 at 11:05 am

      Coba gabung saja di Group Asosiasi Pendingin Indonesia di facebook. Silakan posting apa yg mau ditanyakan dlm group tsb. Insya Alloh, kami dan rekan2 member API siap membantu.

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: