Rangkaian Kelistrikan Refrigerator / Kulkas
Leave a reply to andri Cancel reply
Type your search keywords here
Guest Statistics
- 728,435 hits
Site Map
- Company Profile
- Contact Us
- Download
- Gallery
- HVAC Tutorial
- Advanced
- Basic
- AC Mobil
- Air Dryer
- Auto Air Cond. Compressor (Swash Plate Type)
- Digital Manifold Gauge
- DOL Starter
- Effisiensi Mesin Pendingin
- Evaporasi dan Gas Panas Lanjut (Superheating)
- High Pressure Control (HPC)
- Humidity Controller
- Jenis Relay kulkas & Penyambungan Kelistrikannya
- Kompresor Hermetic – Scroll
- Kondensasi dan Pendinginan Lanjut (Sub-Cooling)
- Kondenser
- Magnetic Contactor
- Marine Accommodation Air Cond.
- Marine Refrigeration Provision Room
- Menghitung Beban Pendinginan
- Mesin Pembuat Es Skala Kecil (Domestic Ice Maker)
- Mode Operasi Mesin Penyejuk Ruangan (Air Conditioner)
- Multiple Compressor
- Oil Pressure Differential
- Panduan Reparasi Kulkas (Domestic Refrigerator)
- Pemasangan Perangkap Minyak Pelumas (Oil Trap)
- Pemasangan Reversing Valve
- Pengecekan Superheat
- Pengecekan Tekanan Refrigeran Pada Pendingin Udara Ruangan
- Pengisian Sistem dengan Refrigeran yang Memiliki Glide Temperature
- Pengontrol Tekanan (Pressure Control)
- Peredam Getaran / Vibration Eliminator
- Pressure Gauges
- Rangkaian Kelistrikan Refrigerator / Kulkas
- Recovery, Evacuating (Vacuum), and Charging
- Refrigerator / Kulkas
- Semi-Hermetic Compressor
- Siklus Dasar Sistem Pendingin
- Siklus Refrigerasi
- Sistem Pendingin Ruang Akomodasi di Kapal Laut (Marine Air Conditioning System)
- Split Air Conditioning
- Standard Penomoran Refrigeran
- Tabel Ukuran Kapasitor untuk PSC Motor
- Thermostat
- Thermostatic Expansion Valve
- Intermediate
- Pressure – Enthalpy Diagram
- Refrigerant Properties
- Latest News
- Our Service
M | T | W | T | F | S | S |
---|---|---|---|---|---|---|
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 |
8 | 9 | 10 | 11 | 12 | 13 | 14 |
15 | 16 | 17 | 18 | 19 | 20 | 21 |
22 | 23 | 24 | 25 | 26 | 27 | 28 |
29 | 30 |
salam kenal,saya sangat terbantu dengan adanya media ini dan apa yang diinformasikan sangat jelas apalagi disertai dg gambar2 dan wiring electrical.sebagai pemula masih banyak kesulitan yg saya hadapi terutama sistem pendingin kulkas,bagaimana cara yang tepat pengisian dan evacuatingya,apakah sama dg ac? mohon tanggapanya dan trims jawabanya.
Pada dasarnya tidak ada perbedaan teknik pengisian maupun evacuating (vacuum) antara kulkas dan ac. Yang membedakan adalah tekanan kerjanya.
Kami sedang menyiapkan blog khusus membahas tentang service ac, kulkas, mesin cuci di sini:
http://teachthermodynamics.blogspot.com/
Tetapi untuk saat ini belum ada posting…..Insya Allah dalam beberapa hari ini kami mulai buka materi2 tentang tips and tricks perbaikan ac, kulkas, dan mesin cuci.
Dan jika ingin berkomunikasi dgn kami, anda bisa bergabung dgn kami disini:
http://www.facebook.com/HVAC.Tutorial
mantap mas…
perbedaan gambar diatas ada pada cara kerjanya bukan mas??
bisa jelasin ga mas cara kerjanya gimana…(kebetulan saya g ada fb jadi saya ttp nunggu di blok ini)
yang membedakan hanya cara kerja dari defrost timernya saja. Mohon maaf belum sempat buat detail cara kerjanya
oke banget deh explainnya…
salam sejahtera sy sangat senang ada kaya gini jadi bisa nambah ilmu tehnik wat sy tks banget nih low ada bukunya sy mau beli email ja ke sy buku buku tehnik kulkas ac chiller mesin cuci yg 1 tabung diatas dan disamping sy mau banget oke ya sy tungguin ni infonya jgn ma lama.
gabung saja di HVAC Tutorial, ada sedikit photo2 yg menjelaskan ttg sistem pendingin
http://www.facebook.com/hvac.tutorial
ad bedanya g pd cra kerjanya???
tolong dong jelasin…
untuk motor timer yg terhubung ke kaki 1-3, pada saat proses defrost maka timer motor akan berhenti bekerja karena coil motor ter-bypass oleh defrost thermo. Sedangkan untuk motor timer yg terhubung ke kaki 1-4, pada saat proses defrost, timer motor tetap bekerja.
Ketika proses defrost selesai/berakhir, motor timer yg terhubung ke kaki 1-3 akan bekerja kembali. Sedangkan untuk motor timer yg terhubung ke kaki 1-4, pada saat proses defrost berakhir, timer motor mulai berhenti, dan akan hidup kembali saat kontak defrost thermo terhubung kembali.
biasanya bila terjadi penaikkan tegangan pada kulkas apa akibatnya?
jika kenaikan tegangan masih dalam range toleransi, biasanya maksimal 10% dari rate voltage-nya maka tidak berpengaruh besar pada mesin pendingin, tetapi jika sudah melebihi batas toleransinya bisa saja merusak beberapa komponen seperti motor kompresor, motor kipas, timer, dll.
salam kenal mas hermawan……mau nanya nih kalo kulkas yg pake R12 di ganti ama R134a ada pengaruhnya gak ? soalnya aku punya freezer ama kulkas yg masih pake R12 nih mas? R12 kan gak udah gak boleh beredar..thanks ya mas
untuk retrofit pada refrigerator, filter drier harus ganti, pelumas kompresor sebaiknya diganti dengan yg suitable untuk R-134a.
ukuran kondenser diperbesar atau ditambah karena tekanan kondensasi R-134a lebih tinggi dibanding R-12. Komponen lainnya masih suitable, danjgn lupa sistem di flushing/dibersihkan dulu dari sisa2 pelumas yg bersirkulasi dalam sistem.
mas, mau tanya. knp ya kulkas thosiba gak ada yg auto defrost? apa bner fungsi defrost sama sprti matiin/off kulkas aja. tlng diforward ke imelku jg mas.
Thanks
ada pak, banyak varian product thosiba yg automatic defrost (frost free)
Jika berbicara tentang refrigerator kelas rumahtangga, pada saat defrost memang semua kompresor mati, untuk yg automatic selain mematikan kompresor, sistem juga dilengkapi dengan electric heater yg berfungsi untuk mencairkan es dan juga dilengkapi dengan sebuah timer + defrost thermo, untuk mengatur waktu kapan defrost harus bekerja.
Sedangakan di yg frost type, proses defros dilakukan manual dengan menekan tombol defrost, seperti yg mas bilang, sebenarnya defrost type ini hanya mematikan kompresor dan menghidupkannya kembali secara otomatis setelah seluruh es mencair.
Untuk penjelasan tentang bagaimana sebuah refrigerator otomatis bekerja, silakan kunjungi tautan ini:
http://citrapelanginusanta​ra.blogspot.com/2011/04/ke​listrikan-kulkas-refrigera​tor.html
Salam kenal…,pertama saya mo nanya,gimana cara mengatasi kevakuman pada sisten kulkas.padahal saya sudah berkali-kali melakukan flusing.tpi setelah di isi dan sistem jalan yg terjadi malah vakum.trima kasih dan mhon himbauanya
salam kenal juga,
itu tandanya terjadi penyumbatan di akhir pipa kapiler karena terjadi pembekuan uap air. Hal ini disebabkan karena sistem tidak di-vakum dengan baik (masih banyak terdapat uap air dalam sistem). Metoda flushing tidak bisa membuang uap air dengan baik. Jadi saya sarankan coba sistem di-vakum ulang. Pastikan sistem bersih dari uap air dan jangan lupa ganti juga filter drier-nya.
mas numpang tanya ni, thermostat pada lemari es, itu nyambung dari overload atau dari capasitor / compressor (R)?
mksi..
umumnya dari thermostat melalui defrost timer kemudian ke thermal overload protector.
bang L itu apa ,, sekalian E itu apa ??
makasih
L itu Line atau orang2 bilang Api yg kalau di cek pake test pen lampunya nyala, Kalau E = Earth atau Ground