Recovery, Evacuating (Vacuum), and Charging

I. MENDINGINKAN TANGKI PENYIMPAN REFRIGERANT (PRE-COOLING STORAGE TANK)

LANGKAH 1:
Mendinginkan Tangki Penyimpan Refrigeran untuk Proses Persiapan Recovery

1. Pasang power plug pada recovery ke jala2 listrik yg sesuai.
2. Buka katup V5, V6, V8 dan V9
3. Hidupkan power recovery
4. Perlahan atur V6 sehingga didapat perbedaan tekanan sekitar 7 bar (102 psi)
5.Lakukan proses ini sekitar 5 sampai 10 menit sehingga temperatur tangki menjadi turun dibawah temperatur udara sekitarnya.

II. RECOVERY REFRIGERAN CAIR (LIQUID RECOVERY)

LANGKAH 2:
Refrigeran dalam bentuk cair dari sistem dimasukkan dalam tangki penyimpan tanpa perlu menghidupkan mesin recovery.

1. Hubungkan flexibel hose seperti dalam gambar.
2. Pasang power plug pada Pompa Vakum ke jala2 listrik yang sesuai.
3. Pastikan V5 dan valve pada sistem yg akan di-recovery dalam keadaan tertutup rapat.
4. Buka V1, V2, V3, V4 dan V10.
5. Hidupkan pompa Vakum.

Langkah 1-4 berfungsi untuk membuang udara yang terperangkap dalam flexible hose sehingga menjamin kebersihan proses recovery.

6. Setelah proses Vakum selesai, tutup V1, V4 dan V10
7. Matikan pompa Vakum.
8. Buka katup liquid pada sistem (jika tersedia) jika tdk biasanya terdapat access valve (schrader type).
9.Buka V6 dan V8
10.Buka V5 dan atur sehingga menunjuk posisi “LIQUID”

Pada saat V5 diposisikan ke “LIQUID” refrigeran cair dari sistem akan mengalir ke tangki penyimpan (storage tank)

III. RECOVERY REFRIGERAN GAS (VAPOUR RECOVERY)

LANGKAH 3:
Setelah refrigeran cair berhasil di recovery, maka langkah selanjutnya adalah menarik sisa refrigeran yang tertinggal dalam sistem yg sebagian besar dalam bentuk gas /uap.

1. Buka penuh V1.
2. Buka penuh V5.
3. Hidupkan mesin recovery.
4. Setelah tekanan inlet pada recovery menunjukkan nilai dibawah nol (vakum) segera tutup V5.
5. Matikan mesin recovery.
6. Tutup V5, V6 dan V8

Proses recovery selesai……

Lakukan perbaikan pada sistem pendingin (misalnya perbaiki kebocoran yg terjadi / lakukan penggantian komponen yang rusak)

IV. VAKUM (EVACUATING/VACUUM)

Proses vakum berfungsi untuk mengeluarkan udara dan non-condensable gas dari dalam sistem pendingin

LANGKAH 4:
1. Buka kedua valve pada sistem pendingin.
2. Buka V1, V2, V3, V4 dan V10 dan yakinkan V11 dalam keadaan tertutup rapat.
3. Hidupkan Pompa Vakum
4. Jika proses vakum telah selesai, tutup V4
5. Tutup juga V10, kemudian matikan Pompa Vakum.

V. PENGISIAN SISTEM DENGAN REFRIGERAN CAIR (LIQUID CHARGING)

LANGKAH 5:
1. Buka flexible hose yg terpasang ke Filter Drier
2. Pindahkan flexible hose yg terhubung ke Filter Drier ke V11
3. Pastikan valve pada sistem dalam keadaan tertutup rapat.
4. Pastikan V1, V2, V3 dan V4 dalam keadaan terbuka.
5. Hidupkan Pompa Vakum.
6. Setelah proses Vakum selesai, tutup V1, V3, V4 dan V10
7. Matikan pompa Vakum.
8. Buka katup liquid pada sistem.
9. Buka katup pada tangki refrigeran (V11)
10. Buka V3 (refrigeran cair akan mengisi selang yg sudah divakum tadi.
11. Perhatikan timbangan refrigeran (refrigerant scale). Set timbangan refrigerant agar menunjukkan “nol”
12 Buka katup liquid line pada sistem.

Refrigeran mengalir ke dalam sistem, atur pengisian dengan cara membuka / menutup V3.

12. Perhatikan jumlah refrigeran yg masuk ke sistem.
13. Jika jumlah refrigeran yg masuk ke sistem sudah mencukupi, tutup V3.
14. Buka katup tekanan rendah / suction (gas side) pada sistem.
15. Jalankan sistem dan monitor tekanan sistem melalui pressure gauge pada manifold gauge.

VI. PENAMBAHAN REFRIGERAN (TOP-UP REFRIGERANT)

LANGKAH 6:
1. Balik tabung seperti gambar diatas.
2. Buka katup V3 dan V11.
3. Buka perlahan V1, atur refrigeran yg masuk ke sistem dengan katup ini, jika penambahan refrigeran sudah cukup, tutup V1.
4. Tutup semua katup lainnya.

Proses selesai…..

  1. andre
    November 7, 2010 at 3:01 pm

    ini buat mobil apa AC rumah?

    • .
      November 11, 2010 at 11:26 am

      sama saja, untuk aplikasi sistem pendingin secara umum

  2. August 23, 2011 at 11:08 am

    mas, tau ga klo harga portable recovery nya brp y?
    trims,
    Taufik

    • Hermawan
      September 12, 2011 at 11:06 pm

      Untuk portable recovery sekitar 5jt-an. Tergantung merk juga

  3. hans
    October 7, 2011 at 12:21 am

    i salute you, mr.asep hermawan. what a noble man u r as to kindheartedly share your knowledge to others. the pages’ layout are very attractive n professionally designed. moreover,the information are sharply exact n easy to digest. brilliant. as a ‘still learning’ technician, i picked up much precious tips from them, i,hereby thank u 4 that. btw,what do we do with the refrigerant caught in storage tank? is the recovery machine also did refine it? can it be re-fill into the system being serviced? i noticed, u used different can to charge the system. that’s all 4 now. it’s an honor to know you. best regards,hans

    • Hermawan
      October 7, 2011 at 6:51 am

      dear Mr Han,
      its not be a problem if you want to recharge the system being serviced by using recovered refrigerant. But you have to make sure the refrigerant was not contaminant.
      There are many types of refrigerant recovery machine, from portable type up to the advanced one. I used the simplest one for my illustration how to recover refrigerant. Another type recovery machine also fitted with liquid pump completed with replaceable filter drier to refine it.

      rgds,
      hermawan

  4. hans harmony
    October 8, 2011 at 1:16 am

    hello mr.asep,
    thanks for your time to respond on my question. i highly appreciated it. also for further info about the recovery machine. sometimes i feel quite guilty while disposing refrigerant, especially the ‘non ozon-friendly’, off into the air….just like i can hear mother earth is crying…): but i don’t have that kind of machine yet._
    rgds, hans

    • Hermawan
      October 8, 2011 at 8:13 pm

      later I’ll share “How to make your own simple recovery machine”

  5. hans harmony
    October 8, 2011 at 10:00 pm

    evening, senior Hermawan
    really? thanks very much, that’s very nice of you. But, only in your spare time…i mean, i don’t mind waiting. because i bet you’re a very busy person and i don’t want to frequently corrupt your time. ): salam,

  6. bahtiar
    October 21, 2012 at 9:46 pm

    bang,,,sy pnya recovery pump merk refco.ada satu switch (normal / R410a).ada juga satu katup (self clearing / recover).pertanyaannya adalah bagaimana/kapan saatnya switch dan/atau katup yg dimaksud digunakan?sebelumnya kmi ucapkan trimakasih…mohon pencerahannya bang hermawan…

    • Hermawan
      March 5, 2013 at 7:58 am

      switch tersebut digunakan untuk mengganti setting cut out pressure (proteksi tekanan) dimana pada posisi R-410A setting cut-out akan lebih tinggi dari posisi normal. (R-410A tekanan kerjanya lebih tinggi dari R-22 dan sejenisnya)
      self clearing/recover: katup ini jika pada posisi self clearing digunakan untuk pembersihan jalur dalam recovery setelah proses recovery selesai. self clearing akan membersihkan sisa2 refrigerant hasil recovery yg masih terperangkap dalam mesin recovery. sedangkan posisi “recover” akan mengarahkan refrigerant pada jalur normal saat recovery.

  7. October 22, 2012 at 12:07 am

    Terimakasih mas Asep.

    • Hermawan
      October 22, 2012 at 12:58 am

      sama2 pak

  8. June 22, 2016 at 2:58 am

    mas mau tanya setelah recovery freon yg ada dlm tanki bisa dipergunakan lg ngak buat ac tersebut…mohon infonya

    • Hermawan
      June 27, 2016 at 8:34 pm

      bisa, selama refrigerant tersebut tidak terkontaminasi

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: